Ad Placement

Rabu, 14 Agustus 2019

Terbukti Ampuh! 5 Bahan Alami ini Bisa Turunkan Darah Tinggi


Hobisehat.com - Semua orang pasti menginginkan memiliki tubuh yang sehat. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat banyak cara yang dapat dilakukan. Contohnya adalah olahraga dan menjaga pola makanan. Namun selalu banyak godaan dari makanan atau jajanan yang enak untuk dicoba.

Hal tersebut bisa saja meningkatkan darah tinggi, maka dari itu, berikut ini ada 5 bahan alami yang mampu menurunkan darah tinggi.


  •   Seledri

Daun seledri memang memiliki aroma yang sedap ketika digunakan dalam bahan pelengkap makanan. Dibalik aromanya yang khas, daun seledri ternyata memiliki khasiat yang bagus untuk penderita tekanan darah tinggi.

Hal itu dikarenakan pada daun seledri mengandung magnesium dan potassium yang dapat membantu mengatur dan mengontrol tekanan darahmu. Kalian dapat mengolahya dengan cara di jus.

  • Bawang Putih
Bawang putih memang terkenal sebagai bahan dasar yang utama dalam masakan. Bagi sebagian orang ada yang tidak menyukai aroma yang dihasilkan dari bawang putih. Namun dibalik aromanya yang khas, bawang putih memiliki manfaat yang bagus untuk pederita darah tinggi. 

Pada bawang putih memiliki senyawa kuersetin yang merupakan zat anti-inflamasi. Senyawa tersebut dapat membantu menurunkan darah tinggi.

  • Brokoli
Brokoli terkenal dengan sayur yang cukup mahal dipasaran. Brokoli dapat diolah menjadi berbagai makanan enak. Sayuran yang hijau memang terkenal memiliki kandungan potassium yang tinggi. Begitu pula dengan brokoli. Pada brokoli terkandung glukorafanin yang bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi

  • Kentang
Kentang memang dikenal memiliki kandungan karbohidrat yang lumayan tinggi. Di Indonesia, kentang biasanya diolah menjadi sup ataupun menjadi keripik kentang. Kentang memiliki kandungan potassium yang cukup tinggi. Kandungan tersebut ternyata bagus untuk penderita darah tinggi.

  • Buah Bit
Buah yang memiliki warna merah keunguan ini memang mungkin masih terasa asing pada beberapa telinga kita. Buah yang satu ini dapat dikonsumsi sebagai obat penurun darah tinggi alami. Hal itu dikarenakan buah ini memiliki kandungna nitrat yang tinggi. Kandungan tersebut mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat kalian jadikan obat penurun darah tinggi. Kalian bisa mengonsumsinya secara teratur agar darah tinggi yang kalian derita cepat sembuh.


Kamis, 01 Agustus 2019

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Hobisehat.com - Apakah kamu sering mengalami jerawat ? tentu saja jerawat sangat mengganggu penampilan anda jika benjolan kecil tersebut terus muncul. Biasanya Kemunculan dari jerawat juga dibarengi dengan munculnya bintik-bintik seperti komedo, baik komedo hitam atau putih.

Jerawat juga seringkali meninggalkan noda hitam yang susah sekali hilang, nah berikut cara alami dan mudah membasmi bekas bekas jerawat / flek hitam pada wajah anda

Rabu, 31 Juli 2019

Kenali 5 Gejala Awal Kanker Paru-paru


Hobisehat.com - Kanker paru-paru terjadi karena pertumbuhan sel-sel pada paru-paru yang tidak terkontrol. Faktor terjadinya kanker paru-paru adalah rokok. Namun, bagi orang yang tidak merokok juga bisa terkena. Hal itu diakibatkan oleh faktor genetik.

Berikut ini gejala awal kanker paru-paru yang harus kalian ketahui :

Senin, 29 Juli 2019

7 Tips Memutihkan Gigi yang Kusam Secara Alami


tips memtuihkan gigi

Hobisehat.com - Memiliki gigi yang putih dan sehat tentunya dambaan banyak orang. Namun bagi Sahabat yang menyukai minuman seperti kopi dan anggur, noda pada permukaan gigi tidak dapat dihindari. Menjaga gigi agar tetap putih dan bersih tidak hanya dilakukan demi kesehatan saja namun juga untuk menambah rasa percaya diri pada penampilan. Untuk memutihkan gigi, seringkali banyak orang terobsesi untuk menggunakan obat-obatan yang belum tentu aman bagi kesehatan dan bebas dari bahan kimia yang berbahaya.


Sabtu, 27 Juli 2019

Beberapa Tips Menurunkan Kolesterol


Hobisehat.com - Kolesterol kini lebih di kenal sebagai sebutan penyakit, namun nyatanya memang semua orang memiliki kolesterol. kolesterol sendiri merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang di temukan pada sebuah membran sel dan di sirkulasikan dalam plasma darah.
Ketika anda mempunyai kadar kolesterol yang sangat tinggi, maka sebaiknya anda mulai menjaga dan mengatur makanan yang anda konsumsi setiap hari dan mengubahnya menjadi pola hidup yang sehat. nah berikut cara menurunkan kolesterol secara alami yang bisa anda manfaatkan agar tidak melulu mengkonsumsi obat.

Selasa, 23 Juli 2019

8 Tips Tetap Sehat Menjadi Seorang Gamer Sejati


tips sehat bermain game

Hobisehat.com - Suka bermain game?

Meski game itu seru dan mengasikkan, jangan lupa jaga kesehatan dan selalu perhatikan waktu ya. Dua hal itu memang merupakan hal sederhana tapi tampaknya sering diremehkan oleh banyak gamer. Sayangnya, hal yang terlihat ‘biasa saja’ ini malah bisa menjadi masalah yang tidak lagi ‘biasa saja’.
Kita semua tahu, bermain game memiliki tujuan mendatangkan rasa senang. Tapi seorang gamer terkadang tujuannya  sangatlah berubah akibat terlalu tenggelam dalam game itu sendiri. Aktifitas bermain game memang seringkali membuat semua orang lupa diri sendiri, bahkan pada kenyamanan anggota tubuh sendiri. Alhasil,kalau kita forsir yang terlalu berat  pada anggota tubuh tadi berefek negatif  hingga suatu saat kita bisa jatuh sakit .

Sahabat bisa lakukan 8 tips dibawah ini untuk menjadi gamer yang sehat:

1. Pemanasan Sebelum Bermain

Melakukan pemanasan ringan sebelum bermain game itu penting. Bayangkan kita bermain game dalam posisi duduk berjam-jam tanpa henti, tentu ini bisa sangat berbahaya kalau sahabat tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu.  Mulailah dengan pemanasan ringan, seperti memutarkan kepala dari kanan ke kiri atau kiri ke kanan. Lalu bisa juga dengan melemaskan jari-jari, lari di tempat, bahkan melakukan push-up. Durasikan pemanasan ini kurang lebih 10 menit.

2. Istirahat

Banyak banget gamer yang ngelupain istirahat, padahal yang namanya istirahat itu penting loh walaupun hanya sekedar 5 menit untuk me-refresh TTM kalian karna kalau TTM kalian seger pasti terasa kok kalau kalian main lebih baik dari sebelumnya. Eits bukan teman tapi mesra melainkan tangan, tubuh, mata. Pro-gamer aja inget istirahat kok walaupun cuma sebentar. Istirahatkan mata kalian dengan cara melihat sesuatu berwarna hijau cerah yang bukan berasalah dari monitor atau tutup mata kalian.
Sesekali bangun dari tempat duduk karna duduk terlalu lama itu bahaya loh karna bisa menyebabkan obesitas, otot pegal-pegal, dan bahkan serangan jantung. Walaupun kalian tetap jalanin istirahat selama 5 menit, kalau kalian udah main sekitar 6-8 jam lakukan peregangan untuk tubuh dan tangan kalian yang penting itu untuk main game.

3. Posisi Duduk Ideal

Kebiasan kebanyakan orang yang bermain game adalah lupa pada posisi duduk yang ideal. Padahal hal tersebut sangatlah penting untuk semua gamer. Posisi duduk yang buruk akan mengganggu kesehatan tulang belakang sahabat lho. Makanya, coba atur posisi duduk, seperti  posisi kepala belakang, lipatan dagu, telinga, pinggul, dan bahu harus sejajar. Lekukan siku membentuk posisi 90 derajat, Dudukan kursi sepenuhnya disesuaikan dengan tinggi pinggang dan harus menyangga tulang belakang sepenuhnya. Serta pinggul dan paha membentuk sudut 90 derajat, dengan telapak kaki menempel lurus di lantai.

4. Jaga Jarak Pandang Layar ke Monitor

Untuk posisi jarak pandang yang bisa sahabat  gunakan untuk monitor komputer dan laptop minimal adalah 30 cm. Ini perlu dilakukan agar mata sahabt tidak cepat minus. Selain jarak pandang, sahabat juga perlu mengatur cahaya monitor komputer atau laptop sebelum bermain. Atur cahaya komputer yang nyaman di mata. dan jangan pernah bermain game di tempat yang gelap.

5. Makan dan Minum

Banyak banget gamer yang masih suka menunda waktu makan, okey kalau kalian memang malas makan tepat waktu. Tapi seenggaknya kalian jangan sampai gak makan dan minum biar tetap fokus saat bermain game. Makanan yang kalian makan jangan indomie melainkan makanan yang solid yang dapat mengisi tenaga kalian seutuhnya, dan kalau kalian memang main diwarnet sebelum kewarnet makan terlebih dahulu agar gak beli indomie soalnya lumayan juga kan untuk hemat isi dompet. Dan kurang minum itu seenggaknya bisa menyebabkan infeksi kandung kemih sampai mengganggu fungsi otak, sedangkan kalian butuh otak untuk merencanakan strategi kalian saat bermain.

6. Tidur

Nah yang satu ini nih, banyak banget gamer rela jadi Kelalawar malam dadakan untuk main game, padahal besoknya harus ngantor ,nguli (kuliah), atau sekolah. Akhirnya karena tidur kurang dari 6 jam, kepala pusing bukan main dan juga ngantuk gak bisa konsentrasi untuk menjalankan aktifitas pagi hari, jadinya berantakan deh aktifitasnya. Efek begadang juga ngaruh loh ke kulit, kulit kalian jadi kayak orang tua, jadinya si doi minder deh deket-deket lo brott. Belum lagi resiko penyakit akibat begadang seperti hipertensi, penyakit jantung, dan juga stroke.

7. Jaga Kebersihan

Kalau yang satu ini sih mungkin lebih ke gamer warnet, apalagi yang ngemil dan ngerokok jalan terus. Saya gak bakal bilang hal-hal semacam “jangan merokok!”,”awas nanti mati loh!”, dsb. Tapi hal yang sesuai saya sebut diatas barusan, yaitu jaga kebersihan. Kalau memang suka jajan, sampahnya jangan ditumpuk depan monitor, nanti jadi kebiasaan yang kurang baik. Nah kalau yang suka ngerokok ini nih, sahabat  kalau ngerokok pasti itu abunya tumpeh-tumpeh dan bertebaran kemana-mana. Bisa aja bersebaran di tombol keyboard atau mouse selain bisa di pandang tidak enak bisa juga mempercepat umur mouse dan keyboard.

8. Tetap nge-Game Pada Batasnya

Kebanyakan para  gamer yang asik main game jadi ngecuekin sms/telpon dari pacar, kerabat, bahkan orang tua. Karena kalau sampai begitu sama aja sahabt  memilih untuk hidup di dunia fantasi dibanding di dunia nyata, sahabat sudah kecanduan. Memang sih gak ada salahnya kita ngegame demi istirahat dari dunia nyata, tapi jangan sampai hubungan sahabat dengan kerabat, pacar, bahkan ortu jadi renggang akibat game doang.
Jangan bandingin hal ini dengan pro-gamer, karena mereka sudah mendedikasikan hidup mereka untuk gaming, dan didalam mindset mereka pun bahwa game adalah pekerjaan  dan mereka dikelilingi oleh orang yang udah paham dan maklum dengan pekerjaan mereka. Terlebih lagi mereka memang mengandalkan gaming sebagai mata pencaharian. Beda dengan kita yang masih ada kepentingan lain yang harus dilakukan, namun jika sahabt memang ingin menjadi pro-gamer sahabt harus berani mengambil resiko yang ada seperti kehilangan pekerjaan, kuliah terbengkalai dan lain-lain

Bermain game sangat lah asik, namun sahabat harus  tahu bahwa bermain game sangat lah berbahaya kalau lupa waktu dan tanpa adanya batasan. Dengan 8 tips diatas sahabat masih bisa tetep main game dengan waktu lama tanpa ngerusak tubuh dengan cepat.

7 Manfaat Bunga Melati yang Bagus Untuk Kesehatan dan Kecantikan


bunga melati untuk kecantikan

Hobisehat.com- Bunga melati adalah sebuah tanaman bunga yang mempunyai bau yang wangi harum dan bunga ini mempunyai banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan ataupun kecantikan manusia.
Manfaat bunga melati sudah banyak dikenal oleh berbagai masyarakat dari berabad-abad lalu sebagai ramuan obat herbal khususnya di wilayah Mediterania.
Bunga melati juga banyak mengandung senyawa kimia yang dapat membantu penyakit seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alkohol benzilic, dan jasmon sehingga tentu saja bunga melati ini mempunyai banyak sekali manfaat.

1.  Mencegah penuaan dini

Meminum secangkir teh melati tial hari dipercaya sanggup menghambat penuaan dini. Bunga melati mengandung antioksidan yang bisa mencegah kerusakan pada kulit. Untuk kelihatan lebih awet muda, hal ini dapat dibarengi dengan berolahraga secara rutin.

2. Menghaluskan kulit

Semenjak jaman dahulu, bunga melati telah diwujudkan sebagai bahan kecantikan. Salah satunya untuk menghaluskan kulit tubuh. Jaman kini telah banyak perawatan menggunakan bunga melati, seumpama lulur ekstrak bunga melati. Melainkan kita dapat membikin lulur bnga melati sendiri di rumah. Caranya cukup gampang. Pertama siapkan kembang melati secukupnya, lalu tumbuk hingga haluus. Campurkan sedikit minyak zaitun atau air mawar sedikit saja. Kemudian oleskan pada bagian tubuh, dan gosok-gosok hingga sel-sel kulit mati rontok. Lakukan seminggu dua kali untuk hasil yang maksimal.


Bunga melati mempunyai khasiat untuk mengobati jerawat pada wajah. Kandungan anti bakteri itulah yang dapat mengatasi problem jerawat. Bunga melati bisa dioalh menjadi masker wajah. Cara membuatnya malahan cukup mudah. Pertama Siapkan bunga melati yang telah bersih secukupnya. Sesudah itu tumbuk sampai halus. Kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat. Tunggu 10-15 menit, setelah itu bersihkan dengan air hangat. Lakukan dengan rutin supaya mendapat hasil yang maksimal.

4. Mengobati Sengatan Lebah atau Serangga

Dengan menggunakan bunga melati ini maka sengatan lebah yang sangat beracun tersebut juga dapat Sahabat sembuhkan dengan cara:
Pertama siapkan segenggam bunga melati dan remas-remas hingga halus
Berikutnya tempelkan bunga melati yang sudah halus ke bagian tubuh yang tersengat lebah atau serangga

5. Mengobati Susah Tidur

Untuk mengobati penyakt insomnia atau bisa disebut juga dengan penyakit susah tidur dengan bunga melati caranya sangat mudah sekali, yaitu:
Ambillah akar bunga melati sebanyak 1-1,5 gram lalu Sahabat cuci hingga bersih
Tumbuk akar bunga melati tersebut sampai halus dan tambahkan air secukupnya
Saring dan minum hingga habis air bunga melati tersebut

6. Mengobati Stress

Aroma yang terdapat pada teh bunga melati ini sangat dipercayai dapat membantu memberikan efek relaksasi sama halnya juga untuk kesehatan dan kecantikan sehingga stress pun dapat hilang dan badan dan pikiran akan lebih nyaman dan tentram.
Oleh karena itu, sebaiknya secara rutin Sahabat mengonsumsi satu cangkir teh bunga melati ini untuk membuat syaraf yang tadinya tegang dan gak tenang menjadi tenang dan juga membuat kulit lebih cantik dan kencang setiap saat.

7. Membuat Masker Tubuh

Cara memanfaatkan bunga melati yang harum ini untuk dijadikan masker tubuh,
Inilah caranya :
-Siapkan segenggam bunga melati dan air mawar atau olive oil
-Tumbuk bunga melati yang ada dan tambahkan air mawar atau olive oil
-Oleskan pada bagian tubuh secara merata dan diamkan hingga 15-20 menit
-Bilas tubuh dengan air hingga bersih.
-Untuk memberi hasil kulit yang halus dan bersih Sahabt  dapat melakukannya perawatan ini 2-3 kali  dalam seminggu

Sahabat sudah semakin tahu kan bahwa bunga melati sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, dengan 7 tips ini sahabat bisa melakukan secara rutin untuk hasil yang sempurna.
Semoga Bermanfaat Sahabat.