Rabu, 31 Juli 2019

Kenali 5 Gejala Awal Kanker Paru-paru


Hobisehat.com - Kanker paru-paru terjadi karena pertumbuhan sel-sel pada paru-paru yang tidak terkontrol. Faktor terjadinya kanker paru-paru adalah rokok. Namun, bagi orang yang tidak merokok juga bisa terkena. Hal itu diakibatkan oleh faktor genetik.

Berikut ini gejala awal kanker paru-paru yang harus kalian ketahui :



  • Suara Serak
Sebagian besar orang pasti mengira apabila suara berubah menjadi serak akibat batuk atau pilek. Suara serak juga bisa menjadi gejala awal kanker paru-paru. Hal itu disebabkan oleh tumor paru sudah mempengaruhi saraf yang bertanggung jawab atas pitu suara. Hal itu membuat pita suara mengalami iritasi dan suara berubah menjadi serak.

  • Batuk Darah
Apabila kalian batuk hingga mengeluarkan darah, kalian harus segera memeriksakannya ke dokter. Hal itu bisa saja menjadi gejala kanker paru-paru atau penyakit saluran pernapasan lainnya.

  • Sesak Nafas
Jika kalian mengalami sesak nafas atau mudah lelah, itu bisa jadi gejala kanker paru - paru. Hal itu biasanya disebabkan oleh penumpukan cairan dari tumor paru-paru. Segera periksakan ke dokter apabila kalian merasa sesak nafas dan lelah tanpa melakukan melakukan kegiatan yang berat.

  • Penurunan Berat Badan
Kalian perlu waspada apabila mengalami penurunan berat badan yang tidak jelas. Faktanya, dari 10 orang yang menderita kanker paru-paru, 6 diantaranya mengalami penurunan berat badan yang tidak jelas. 

Ketika menderita kanker paru-paru, kalian akan mengalami penurunan berat badan. Hilangnya berat badan dikarenakan sel-sel kanker menggunakan energi yang ada dalam tubuh kalian. Selain mengalami penurunan berat badan, biasanya kanker paru-paru juga menyebabkan hilangnya nafsu makan dan kelelahan.

  • Nyeri Tulang
Kanker dapat menyebar ke tulang apabila dalam stadium lanjut. Biasanya nyeri akan dirasakan pada daerah lengan, punggung dan leher. Nyeri tersebut terjadi karena sel-sel kanker sudah menjalar ke lapisan paru-paru.

0 komentar

Posting Komentar