Senin, 29 Juli 2019

7 Tips Memutihkan Gigi yang Kusam Secara Alami


tips memtuihkan gigi

Hobisehat.com - Memiliki gigi yang putih dan sehat tentunya dambaan banyak orang. Namun bagi Sahabat yang menyukai minuman seperti kopi dan anggur, noda pada permukaan gigi tidak dapat dihindari. Menjaga gigi agar tetap putih dan bersih tidak hanya dilakukan demi kesehatan saja namun juga untuk menambah rasa percaya diri pada penampilan. Untuk memutihkan gigi, seringkali banyak orang terobsesi untuk menggunakan obat-obatan yang belum tentu aman bagi kesehatan dan bebas dari bahan kimia yang berbahaya.



Sebenarnya ada beberapa tips untuk memutihkan gigi yang kusam secara alami sebagai berikut:

1. Menyikat gigi dengan arang aktif
Activated Charcoal atau arang aktif adalah bubuk hitam halus yang terbuat dari bahan alami. Jenis arang yang satu ini dapat mengikat racun yang terdapat pada gigi Sahabat dan memberikan kemampuan detoksifikasi yang luar biasa.
Untuk memutihkan gigi dengan arang aktif, campur bubuk arang aktif dengan air hingga berbentuk pasta. Oleskan ke gigi menggunakan jari basah atau sikat gigi, diamkan selama beberapa menit, lalu sikat dan bilas. Arang aktif ini dapat dibeli secara online atau di toko yang menjual bahan-bahan organik.

2. Mengoleskan Baking Soda dan Minyak Kelapa
Baking soda umumnya merupakan salah satu bahan yang terdapat pada pasta gigi. Karena memiliki sifat abrasif, baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan noda kuning pada permukaan gigi secara efektif.
Untuk membantu memutihkan gigi, campurkan baking soda dengan minyak kelapa dan oleskan pada permukaan gigi. Jika dilakukan secara rutin, gigi akan terlihat lebih putih dari waktu ke waktu. Minyak kelapa kaya akan asam laurat yang bersifat antimikroba. Ketika dikombinasikan dengan baking soda dalam bentuk pasta, campuran ini dapat melawan gingivitis, plak, bakteri, mengurangi peradangan dan memutihkan enamel gigi.

3. Pisang
Pisang bermanfaat bagi kesehatan karena kandungan nutrisinya yang cukup lengkap. Buah satu ini juga mengandung kalium, magnesium dan mangan yang tinggi. Secara teori komponen alami ini dapat mengurangi noda pada enamel gigi. Secara teori pula, bagian dalam kulit pisang dapat membantu menghilangkan noda pada permukaan gigi.
Jika Sahabat mencari pemutih gigi bebas fluorida, menggosok gigi dengan kulit pisang bisa menjadi pilihan alternatif. Gosok gigi Sahabat dengan bagian dalam kulit pisang selama beberapa menit, setelah itu biarkan selama 10 menit kemudian berkumurlah. Lakukan secara rutin niscaya gigi akan terlihat lebih putih.

4. Mengonsumsi Susu
Beberapa produk susu, seperti keju atau jenis makanan yang lain (yogurt) mengandung kalsium tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa kalsium adalah zat yang sangat bermanfat untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi susu kaya kalsium dapat membantu sahabat dalam memutihkan gigi. Selain itu, susu sangat baik untuk kesehatan tubuh sehingga akan lebih baik jika dikonsumsi secara rutin.

5. Siwak
Istilah siwak yang kita kenal untuk membersihkan gigi sebenarnya adalah dahan atau bagian dari pohon siwak itu sendiri. Siwak sudah lama digunakan sebagai bahan alami untuk menjaga kebersihan dan warna putih alami untuk gigi.
Penelitian arkeologis juga menemukan bahwa siwak telah digunakan sejak jaman peradaban Mesir kuno. Tidak untuk itu saja, bahwa umat islam tentunya mengenal dengan baik nabi Muhammad SAW selalu membersihkan giginya dengan menggunakan siwak alami ini. 

Beberapa cara menggunakan siwak untuk membersihkan dan menghilangkan noda pada gigi :
·         Gunakan siwak yang memiliki tekstur lembut, siwak ini bisa didapat dari bagian batang atau akar tanaman siwak
·         Haluskan siwak tersebut sampai menjadi bubuk
·         Campurkan bubuk siwak yang sudah halus kemudian dengan sedikit air lalu di oleskan pada pasta tersebut dan gunakan untuk gigi
·         Bersihkan atau berkumurlah setelah lima menit
·         Perawatan ini bisa Sahabat lakukan dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Strawberry
Buah Strawberry tidak hanya enak saat dikonsumsi, strawberry banyak mengandung vitamin C dan asam ellagic yang membantu memutihkan gigi secara tidak langsung.
Efek pemutih yang ditimbulkan oleh strawberry bisa didapat dalam waktu yang singkat bahkan hanya dengan mengunyahnya saja.

Beberapa langkah menggunakan strawberry untuk memutihkan gigi :
·         Strawberry bisa langsung digosokkan pada gigi dan diamkan selama beberapa menit.
·         Kemudian berkumurlah dengan air hangat
·         Haluskan buah strawberry dan campurkanlah dengan satu sendok teh baking soda
·         Oleskan strawberry pada gigi dan biarkan selama kurang lebih dua menit.
·         Kemudian bilas dengan air hangat
·         Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu

7. Minyak kelapa
Siapa sangka minyak kelapa ternyata bisa digunakan untuk mencegah plak sekaligus menjadikan gigi Sahabat yang bermula kuning menjadi lebih putih dan bersih.
Minyak kelapa merupakan minyak nabati hasil ekstrak dari daging kelapa dan memiliki jenis lemak yang dibilang cukup unik dan kaya akan manfaat, karena keseluruhan dari lemak tersebut terbuat dari Medium Chain Triglycerides (MCTs).
·         Siapkan satu sendok makan minyak kelapa
·         Oleskan minyak kelapa ke bagaian gigi sahabat secara merata dan diamkan kurang lebih selama 10-15 menit
·         Ludahkan minyak kelapa tadi dan kumur mulut Sahabat dengan air bersih
·         Terakhir sikat gigi Sahabat seperti biasa

Semoga 7 tips memutihkan gigi yang kusam secara alami ini bisa sahabat praktekan karena tanpa praktek kita tidak akan pernah tahu hasilnya “lebih baik bertindak dari pada diam tanpa bertindak”

Semoga Bermanfaat Sahabat.

0 komentar

Posting Komentar