Kamis, 11 Juli 2019

7 Tips Ampuh Berhenti Merokok Dengan Mudah


tips berhenti merokok

Hobisehat.com - Tips untuk berhenti merokok! Melepas kebiasaan merokok merupakan salah satu kesuksesan yang sangat luar biasa bagi para pecandu rokok. Sebagian besar orang telah mencoba berbagai cara untuk berhenti merokok, namun sebagian orang tersebut tidak menemui keberhasilan. Sahabat harus tahu bahwa banyak bahaya merokok yang ditimbulkan seperti kesehatan ataupun dalam hal ekonomi keuangan dan, terlebih lagi apabila merokok dalam jangka waktu yang cukup lama.





Sahabat bahwa merokok pada tahun 2017 berdasarakan data dari ke Menterian Kesehatan penyakit TBC di Indonesia menempati posisi ke-2 dari seluruh dunia. Maka dari itu penyakit seperti paru-paru kalau tidak segera di obati dan tidak ditindaklanjuti maka akan berujung kematian pada seseorang. 
Disini ada beberapa cara untuk menghindari kebiasaan merokok atau sahabat ingin berhenti merokok coba lakukan beberapa hal kegiatan yang akan saya bahas di bawah ini: 





1. Berolahraga
Selain mengonsumsi makanan sehat, sahabat harus rutin berolahraga minimal dua kali dalam seminggu,atau di waktu setelah bangun bisa berolahraga ringan seperi jalan-jalan di sekeliling komplek(desa) sebelum memulai aktifitas kerja dan lain-lain.Dengan sahabat berolahraga,maka paru-paru akan bekerja lebih secara maksimal dan menormalkan saluran pernapasan.

2. Air Putih
Kebiasaan merokok dapat menimbulkan pecandunya mengalami dehidrasi berlebih. Ada beberapa peneliti menemukan bahwa banyak mengonsumsi air putih dapat membantu sahabat untuk berhenti merokok atau dapat mengurangi kandungan nikotin dalam tubuh manusia. Secara perlahan sahabat akan merasakan nikotin dalam paru-paru manusia terkikis bersamaan dengan berhentinya kebiasaan merokok.

3. Air Kelapa Tua
Isi toples plastik dengan air kelapa yang sudah matang atau air kelapa yang sudah tua. Diamkan air kelapa tua tersebut semalam dan biarkan air kelapa tersebut sampai mengembun.Setelah keesokan harinya tuang air kelapa tua ke dalam gelas, campurkan sedikit garam dan aduk secara merata. Sahabat lakukanlah secara rutin setiap pagi hari. Maka akan ada rasa yang sahabat rasakan setelah melakukan hal tersebut contohnya dalam beberapa hari kecanduan rokok akan berkurang dan berhenti secara perlahan.

4. Buah Mentimun
Sahabat harus tahu bahwa perokok (orang yang merokok) sangat tergantungan kepada rokok sehabis selesai makan nasi. Untuk mencoba menghindari rasa yang ditimbukan ketergantungan tersebut, cobalah untuk memakan buah mentimun sehabis selesai makan. Dengan memakan mentimun yang sudah di potong-potong, mulut akan terasa lebih bersih dari sisa-sisa makanan yang mengandung rasa pedas, dan asin. Buah Mentimun yang sudah kita makan dapat  membersihkan di daerah sekitar mulut kita dari rasa yang sebelumnya kita nikmati sehabis makan. Dan biasanya hal tersebut, setelah rasa tawar pada mulut maka keinginan merokok itu sedikit demi sedikit akan berkurang secara perlahan lakukanlah secara rutin sehabis mkan.

5. Buah Pisang
Pisang merupakan camilan sehat, murah dan enak yang banyak dinikmati orang di seluruh indonesia bahkan luar negeri. Selain bisa mengenyangkan karena terdapat  karbohidrat, pisang juga memiliki manfaat untuk kesehatan, salah satunya bisa membantu orang berhenti merokok. Kandungan pisang mempunyai vitamin B dan mineral lainnya, sehingga mampu membantu perokok yang mempunyai keinginan untuk mengurangi tingkat stres akibat gejala putus nikotin.

Pada saat yang bersamaan, nutrisi yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu gejala putus nikotin secara fisik dan psikologis.Buah pisang  mempunyai kandungan tryptophan yang dapat meningkatkan suasana hati yang positif dan membuat rasa lebih bahagia. Secara tidak langsung, kandungan dari buah pisang ini akan membantu Anda melupakan rokok.

6. Buah Delima
Buah Delima yang segar dan enak rasanya ini dan cukup sulit untuk dikonsumsi karena bijinya yang kecil-kecil, namun buah delima ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh tubuh manusia.
Studi International Journal of Chronic Obstructive Pulmonary Disease mengatakan, mengonsumsi buah delima membantu produksi sel darah merah pada tubuh manusia, yang pada hakekatnya membantu memerangi masalah kesehatan yang ditimbulkan karena merokok, contohnya seperti detak jantung tidak teratur ataupun tekanan darah.


7. Jus Wortel
Jus Wortel tidak  hanya menyehatkan mata saja, jus wortel juga dapat mengurangi kadar racun dalam tubuh manusia. Jus wortel sangat kaya akan vitamin A, C, K, dan vitamin B yang dapat memperbaiki dan menyembuhkan tubuh. Studi dari  jurnal nutrition and cancer menyatakan bahwa jus wortel dapat membantu menetralkan keasaman darah, dan memperkuat pertahanan alami tubuh jika dikonsumsi setiap pagi secara rutin.

Itulah beberapa tips yang bisa sahabat lakukan untuk dapat berhenti merokok. Karena di luar sana masih banyak lagi pembahasan yang mengenai cara untuk berhenti merokok. Sahabat bisa terapkan 7 tips ini di rumah dan semoga apa yang sahabat inginkan untuk berhenti merokok bisa tercapai dan berhasil.


Semoga Bermanfaat.


0 komentar

Posting Komentar