Minggu, 07 Juli 2019

4 Manfaat Penting Bunga Saffron Untuk Kesehatan


Hobisehat.com - Saffron merupakan rempah termahal di dunia yang berasal dari bunga Crocus sativus. Umumnya saffron banyak dijumpai di kawasan timur tengah. Lalu mengapa saffron memiliki julukan sebagai rempah termahal di dunia?. Hal itu dikarenakan proses panennya yang masih manual.

Saffron sendiri ternyata memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Saffron biasanya diolah bersama makanan atau bisa juga dijadikan sebagai minuman seperti teh. Berikut 4 manfaat penting saffron untuk kesehatan :


  • Antioksidan tinggi

Saffron memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah memiliki antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang terkandung dalam saffron meliputi crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol.

Senyawa crocin dan crocetin memiliki fungsi untuk antidepresan, melindungi sel-sel otak terhadap kerusakan, dan membantu penurunan berat badan.

Senyawa safranal merupakan senyawa yang memberikan rasa dan aroma yang berbeda pada saffron. Safranal sendiri memiliki fungsi untuk membantu meningkatkan suasana hati, memori, dan kemampuan belajar, serta melindungi sel-sel otak dari stres.

Terakhir, kaempferol merupakan senyawa yang memiliki fungsi mengurangi peradangan, sifat antikanker, dan aktivitas antidepresan.

  • Bagus untuk menurunkan berat badan

Bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan, bisa mencobanya dengan saffron. Karena saffron memiliki senyawa yang berfungsi untuk mengurasi nafsu makan. Hal tersebut dapat membantu kalian menjalani program diet yang kalian lakukan.

  • Meredakan PMS

Setiap wanita pasti mengalami gangguan PMS rutin setiap bulan. Bagi sebagian wanita pasti mengalami nyeri ketika PMS melanda. 

Menurut penelitian, dengan mengkonsumsi 30 gram saffron, nyeri yang dialami akan mereda. Selain itu saffron juga memperbaiki mood ketika kalian sedang PMS

  • Membantu menurunkan kolesterol

Menurut penelitian yang telah dilakukan pada hewan, Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam saffron mampu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

0 komentar

Posting Komentar